PVC Standard AW & D


Pipa PVC atau biasa orang mengucapkanya dengan nama peralon akrab digunakan dalam pembuatan sistem pengairan maupun kelistrikan. Secara alamiah, pipa ini memiliki sifat tidak membusuk dan tidak berkarat serta tidak gampang rusak. Hal ini tidak lain karena komponen penyusunannya terdiri dari plastik yang dicampur dengan berbagai bahan vinyl lainnya.
Adapun satuan ukuran pipa PVC yang umum dipakai di Indonesia adalah inchi. Satuan ini berdasarkan pada standar JIS (Japanese Industrial Standart). Sedangkan untuk proyek-proyek pemerintah, seperti pembangunan saluran PDAM di suatu bangunan atau rumah maka akan menggunakan standar SNI (Standar Nasional Indonesia).

Pipa PVC saat ini merupakan Bahan yang sering/wajib dipakai dalam pembuatan Rumah. Pipa PVC ini biasa dipakai untuk Saluran Supply Air Bersih dan Saluran Air Kotor/Buangan (baik itu Air Closet, Air Buangan Mandi, dan Air Kotor Buangan Closet ke Septic-Tank).

Pipa PVC juga digunakan untuk Pelindung bagi Kabel Listrik yang ditanam di Dinding Rumah bahkan didalam Tanah, karena sifatnya yang Tidak Berkarat dan Tidak Membusuk akibat pengaruh Cuaca dan Alam.

Pipa PVC yang beredar dipasaran memiliki Merk yang berbeda-beda. Sesuai dengan Merk yang dicantumkan oleh Pabriknya masing-masing, misalnya: Maspion, Wavin, Invilon, dan sebagainya. Merk Pipa yang beredar di setiap Propinsi di Indonesia berbeda-beda, sesuai dengan luas jangkauan distribusi dari masing-masing Pabrik tersebut. 

Pipa PVC di pasaran biasanya memakai standard ukuran JIS (Japanese Industrial Standard), sedangkan untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) biasanya memakai standard ukuran SNI (Standard Nasional Indonesia).
Dalam system JIS ada 3 jenis Pipa PVC yaitu AW, D dan C, berikut rinciannya:


1. Pipa dengan Jenis AW, adalah Pipa Paling Tebal, biasanya dipakai untuk Pemipaan Aliran Bertekanan Tinggi (seperti adanya Tekanan dari Pompa Air). Juga biasa dipakai untuk Saluran Air didalam Tanah yang diperkirakan akan mengalami Tekanan Besar dari Kenderaan Berat yang mungkin melintas diatasnya.
Ukuran Pipa AW yang tersedia di pasaran antara lain: Diameter 6” = 6 inchi (6” ini adalah Ukuran Diameter Dalam Penampang Pipa); 5”; 4”; 3”; 2,5”; 2”; 1,5”; 1,25”; 1”; 3/4”; dan 1/2”.

2. Pipa dengan Jenis D, tidak setebal AW tapi lebih tebal dari C, digunakan untuk Saluran yang tidak akan mengalami tekanan yang besar, biasa dipakai untuk Saluran Buangan Air didalam rumah.
Ukuran Pipa Jenis D yang tersedia di pasaran antara lain: Diameter 6” = 6 inchi (6” ini adalah Ukuran Diameter Dalam Penampang Pipa); 5”; 4”; 3”; 2,5”; 2”; 1,5”; dan 1,25”.

3. Pipa dengan Kode C, Pipa ini paling tipis, saya tidak merekomendasikan untuk dipakai pada Instalasi Saluran Air pada Rumah anda, karena Jenis Pipa ini rentan dan gampang pecah.



Kami Menjual berbagai macam merk dan ukuran untuk pipa beserta fitting-fittingnya, antara lain :
WAVIN, VINILON, PRALON, RUCIKA, AQUALON, SLG, JAYA, CHAMPION, MASPION, PASIFIC, SWALLOW, LANGGENG, INTILON, CM TAIWAN, RUCIKA,INTERNAR, INTERVIN,GF HARVEL, SPEARS, ASAHI.


Tersedia Fitting merk : CM Taiwan, Rucika, TM dll.
 
     Demikian informasi mengenai Pipa PVC yang sering dipakai dalam Pembanguna Rumah, untuk lebih jelasnya mengenai informasi produks pipa standard AW, D dan C saya juga telah menyediakan berbagai macam brosur katalog pipa PVC berbagai macam merk, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Siswo Priyono

Author & Editor

Dengan dukungan penuh,kami siap bekerjasama dengan para agen,retailer,kontraktor dan konsultan, untuk kebutuhan proyek swasta maupun Pemerintah, di seluruh wilayah Indonesia. Pelanggan merupakan bagian yang sangat penting bagi kami,menjaga komitmen ,kwalitas produk,ketepatan waktu pengiriman,garansi,sertifikasi dan kepatuhan terhadap spesifikasi teknis,adalah hal prioritas.